RSS

Kucing dalam pandangan Islam.

Dari Abu Qotadah radhiyallohu 'anhu dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda tentang Kucing:
إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ
“Sesunngguhnya (Kucing ini) tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ” (HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik. Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil no. 173 mengatakan bahwa hadits ini shohih)


Sebab Abu Qotadah ra. menyebutkan hadits di atas telah dipaparkan sebelum penyebutan hadits ini. Dalam riwayat Abu Daud  diceritakan dari Kabsyah binti Ka’ab bin Malik (dia adalah istri dari anak Abu Qotadah). Wanita ini mengatakan bahwa Abu Qotadah pernah masuk ke rumah, lalu dituangkanlah air wudhu padanya. Kemudian tiba-tiba datanglah kucing. Bejana air wudhu lantas dimiringkan, lalu kucing itu minum dari bejana tersebut. Abu Qotadah pun melihat wanita tadi merasa heran padanya. Abu Qotadah mengatakan, “Apakah engkau heran (dengan tingkahku), wahai anak saudaraku?” Wanita tersebut lantas menjawab, “Iya.” Setelah itu, Abu Qotadah menyebutkan hadits di atas.

Alhamdulillah, dengan dalil hadits diatas yang berderajat shohih,  Islam menghalalkan Kucing bagi kita selaku  ummat Islam, tidak seperti halnya anjing, yang sudah jelas-jelas keharamannya baik dari Al-Qur'an maupun As-Sunnah. Anjing diciptakan sebagai ujian bagi orang muslim, kenapa? karena anjing di bandingkan dengan kucing dan hewan manapun anjing tetap yang terbaik dalam "keta'atanny" kepada tuannya. Nah, dari sisi inilah kita diuji oleh Alloh Subhanahu Wata'ala apakah kita akan menuruti hawa nafsu kita (memelihara anjing sebagai hewan kesayangan) ataukah perintah Alloh diatas segala-galanya.

Kita kembali pada pembahasan tentang kucing, kucing adalah hewan karnivora yang suka memakan hewan-hewan kecil sperti tikus dan serangga-serangga kecil lainnya. Tapi kucing sejak ribuan tahun sudah hidup dengan manusia dan menjadi peliharaan kesayangan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar